Skip to main content

Hutan Tertua Jawa yang Magis nan Mistis Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo memiliki luasan sekitar 43.420 hektar, bandingkan dengan Taman Nasional Baluran yang memiliki luas 25.000 hektar. Area seluas itu terbagi menjadi beberapa zona, yaitu zona inti 17.200 ha, zona rimba 24.767 ha, zona pemanfaatan 250 ha dan zona penyangga 1.203 ha.

Alas Purwo memiliki arti hutan pertama atau hutan tertua di Pulau Jawa. Bagi masyarakat Banyuwangi tempat ini terkenal sangat angker dan dikeramatkan. Masyarakat sekitar percaya di tempat ini terdapat istana jin yang menjadi tempat bagi seluruh jin yang ada di Pulau Jawa. Kesan ini semakin kental karena terdapat pura yang terletak di tengah Alas Purwo yang pada waktu-waktu tertentu didatangi orang banyak untuk melakukan semedi, mencari wangsit atau sekedar lelaku gaib.

Saat datang ke Alas Purwo, suasana memang sepi, tidak banyak pengunjung dan untung saja kami ditemani oleh penduduk lokal yang cukup tahu tempat ini. Deretan pepohonan yang cukup lebat menyambut kami, diselingi suara binatang. Tujuan pertama kami adalah melihat padang penggembalaan Sadengan berupa padang sabana berpagar kayu, berjarak sekitar 2 km dari pintu masuk. Luas sabana ini sekitar 84 ha dengan beberapa satwa liar yang terlihat di antaranya banteng jawa dan burung merak. Di dekat pos penjaga terdapat menara kayu, tempat pengunjung bisa menyaksikan dan mengamati satwa yang ada di sekitar sabana.

Tempat berikutnya yang kami tuju adalah pantai berpasir putih dekat hutan pantai yang terletak 3 km dari pintu masuk. Pantai ini bernama Pantai Trianggulasi, pantai yang indah namun tidak disarankan untuk berenang. Di pantai ini pengunjung bisa beristirahat dan menikmati pemandangan. Di pinggir pantai terdapat banyak pepohonan yang menjadi peneduh, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana pantai di siang hari yang panas dengan cukup nyaman. Di sekitar pantai ini juga terdapat wisma tamu dan pesanggrahan.

Selain pantai dan padang penggembalaan, kami juga menuju ke lokasi perkemahan yang terletak tidak jauh dari Pantai Pancur. Di lokasi ini selain terdapat kantor pengelola, juga terdapat warung-warung dan musholla serta toilet, selain itu juga banyak kera liar yang bergelantungan di pohon-pohon sekitar lokasi perkemahan.

Tidak jauh dari situ juga terdapat beberapa gua yang saat itu tengah didatangi beberapa orang berpakaian putih-putih yang sepertinya akan mengadakan upacara tertentu. Bermalam di sini , sepertinya akan memberi sensasi lain dengan kera di sekitar, deburan ombak dari pantai yang tak jauh dari situ serta suasana mistis Alas Purwo.

Terlepas dari kesan mistis Alas Purwo memiliki keindahan tersendiri, pantai, hutan bambu, hutan tanaman keras, sabana Sadengan, gua dan pura yang ada di dalamnya cukup menarik untuk disusuri. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengunjung di tempat ini seperti juga di tempat-tempat wisata pada umumnya yaitu berlaku sopan, tidak bicara sembarangan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Comments

Popular posts from this blog

5 tips tentang cara menghindari telepon Anda dari Overheating/Kepanasan

Lagi asik bermain sosial media atau pun bermain game, sangat tidak asik jika terganggu dengan handphone anda yang memanas seperti bola setrikaan. Banyak sebab yang menyebabkan handphone kita menjadi sangat panas, terutama saat penggunaan yang lama dan intense. Tapi jangan khawatir ya teman, handphone keren nan anti panas tengah hadir di antara kita. black shark 2 pro digadang gadang menjadi handphone gaming nomer wahid sekarang ya. Eh balik lagi kemasalah overheating / kepanasan tadi. 
Suhu internal ponsel Anda didasarkan pada suhu lingkungannya. Jika ponsel Anda menjadi terlalu panas, itu dapat mengalami masalah seperti pengurasan baterai, pematian paksa, dan bahkan kehancuran total (jangan bercanda, Unit Pemrosesan Pusat ponsel Anda mampu meleleh jika mencapai suhu ekstrem). Ada juga kemungkinan bahwa ponsel Anda tidak akan hidup kembali jika terpaksa dimatikan karena terlalu panas.
Ada banyak alasan mengapa ponsel Anda bisa kepanasan yang tidak terkait dengan suhu tinggi luar, dan…

Surga Bagi Pendaki Pemula Ini dia Puncak Watu Jengger

Telah kita ketahui bahwa Indonesia memang rajanya panorama yang sangat indah, dari ujung timur sampai ujung barat indonesia memiliki segudang pegunungan indah dengan beraneka macam spot yang menakjubkan, pendaki gunung banyak yang mengexplore lebih dalam tentangan kekayaan alam.

Banyaknya pegunungan di Indonesia menjadikan tempat yang cocok untuk para pendaki untuk menikmati lukisan nyata tuhan, berada di ketinggian di atas gunung menghirup udara segar dan menyentuh lembutnya awan.

Salah satu pegunungan yang diminati para pendaki yaitu puncak Bukit Watu Jengger yang terletak di Desa Nawangan kec. Jatirejo, Kab. Mojokerto. Tinggi puncak Bukit Watu Jengger 1100 meter di atas permukaan laut, sangat cocok untuk pendaki pemula sekedar untuk menikmati susana keindahan alam.

1. Perjalanan Menuju Desa Nawangan

Untuk bisa sampai ke puncak bukit watu jengger perjalananya mudah – mudah gampang, jalan terjal menuju lokasi akan menyapa kita di awal perjalanan menuju lokasi. Kisah kami, tiga lelaki yan…

Nggak Bakal Nyesel Liburan Ke Jogja Ini dia 7 Wisata Kekinian di JogjaYang Seru dan Memanjakan

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang berada di pulau Jawa. Di mana kota ini memiliki kebudayaan yang sangat kental dan sebagian besar penduduk disana memiliki sifat lemah lembut dan sangat ramah. Tak heran jika para wisatawan betah untuk berlama-lama di kota ini. Selain penduduknya yang ramah, masalah kuliner pun juga tak bisa dikalahkan. Olahan makanan disini sangat beragam dan mereka cenderung tidak pelit akan penggunaan bumbu-bumnya. Sehingga menjadikan rasa makanan yang sangat khas dengan cita rasa lain dari pada yang lain.
Keistimewaan Yogyakarta tertuang mulai dari keberagaman budaya, adat, kuliner serta wisata nya. Nah, di samping itu semua disini saya akan memberikan informasi tentang daya tarik wisata di kota Yogyakarta ini, yang mampu membuatmu makin betah tinggal disini. Mari kita simak!
1. Bukit Pengilon
Bukit Pengilon terkenal akan panorama alamnya yang sangat memukau. Wisata ini bisa terbilang baru, meskipun begitu di media sosial sudah banyak para wisatawan yang me…