Skip to main content

Surga Bagi Pendaki Pemula Ini dia Puncak Watu Jengger

Telah kita ketahui bahwa Indonesia memang rajanya panorama yang sangat indah, dari ujung timur sampai ujung barat indonesia memiliki segudang pegunungan indah dengan beraneka macam spot yang menakjubkan, pendaki gunung banyak yang mengexplore lebih dalam tentangan kekayaan alam.

Banyaknya pegunungan di Indonesia menjadikan tempat yang cocok untuk para pendaki untuk menikmati lukisan nyata tuhan, berada di ketinggian di atas gunung menghirup udara segar dan menyentuh lembutnya awan.

Salah satu pegunungan yang diminati para pendaki yaitu puncak Bukit Watu Jengger yang terletak di Desa Nawangan kec. Jatirejo, Kab. Mojokerto. Tinggi puncak Bukit Watu Jengger 1100 meter di atas permukaan laut, sangat cocok untuk pendaki pemula sekedar untuk menikmati susana keindahan alam.

1. Perjalanan Menuju Desa Nawangan

Untuk bisa sampai ke puncak bukit watu jengger perjalananya mudah – mudah gampang, jalan terjal menuju lokasi akan menyapa kita di awal perjalanan menuju lokasi. Kisah kami, tiga lelaki yang begitu payah yang hanya bermodalkan tekad dan niat di sepanjang perjalan menuju titik puncak watu jengger. Perjalanan menuju watu jengger ditempuh dengan melewati jalanan beraspal yang telah rusak. Sehingga cukup berat jika harus dilalui sepeda motor matic.

Bagaimana tidak lapisan teratas aspal yang seharusnya mulus disana sudah tinggal batu – batu yang tak jarang cukup lancip hal ini membuat pendaki harus waspada kalau bocor, sewaktu kami menempuh perjalanan dengan naik turun dan mendorong kendaraan matic kami. Bahkan kami takut rem kendaraan kami kehilangan kampasnya. Panduan yang kami pakai untuk akses menuju ke watu jengger yaitu Google Maps.

2. Pos Perijinan atau Basecamp ke Puncak

Sesampainya di penitipan sepeda, di situlah kita mulai berjalan kaki menapa'i jalan setapak, jalan yang kita tempuh untuk bisa sampai ke puncak yaitu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Di awal perjalanan kita akan di suguhi bukit yang lumayan tinggi dan licin, di tempat ini kita harus ekstra hati – hati karna jalanannya yang licin, tanahnya yang gembur akan membuat siapa saja akan mudah terpeleset jika kurang bisa menjaga keseimbangan. Untuk bisa sampai ke puncak bukit watu jengger kita akan melewati beberapa bukit yang lumayan akan menyerap banyak energi kita.

Di kiri kanan jalur pendakian, kita bakal disuguhi oleh pemandangan jurang yang curam. Selain itu pendaki juga bakal disuguhi oleh suara gemericik air dari sisi kanan jurang. Pendaki harus esktra waspadai menapaki jalur itu, terutama jika mendaki pada malam hari.

Tapi rasa lelah itu seakan tidak terasa ketika kita berada di atas bukit, menikmati indahnya panorama yang terlihat jelas dari semua penjuru, suasana sejuk hembusan angin sayup yang menerpa kulit seakan membius untuk berlama lama menatap indahnya alam negeri ini.

Rasa lelah terbayar sudah saat kita sudah berada di puncak bukit watu jengger menatap luas dari ketinggian 1100 mdpl, terlihat banyaknya pegunungan hijau yang seakan menjadi benteng raksasa yang membentengi kekuatan bumi, menatap birunya langit menikmatai sejuknya angin sepoi yang menerpa kulit, membuat siapa saja akan tersenyum tepaku melihat indah luasnya alam dari ketinggian dan enggan kembali memapakan kaki.

3. Lokasi Puncak Bukit Watu Jengger

Dari arah kec.Trowulan (candi tikus) ikuti arah menuju ke Jatirejo – Wonosalam, ada persimpangan ke desa Lebak, ikuti jalan sampai menuju arah ke ujung desa nawangan, di sini anda harus ekstra hati – hati karna jalananya naik turun dan rusak, karna belum di aspal, setelah melewati jalan bebatuan ikuti arah panah ke bukit watu jengger, maka tidak jauh akan memasuki pedesaan dan tempat parkir wisata bukit watu jengger.

4. Harga Tiket Masuk Puncak Bukit Watu Jengger

Untuk bisa menikmati keindahan puncak watu jengger harga tiket masuknya relatif murah hanya sebesar Rp10.000/orang, dan Rp5000 untuk parkir kendaraan roda dua, dan jika anda bisa menjaga kebersihan dengan membawa kembali sampah seperti bekas botol mineral, anda akan di beri sticker bukit jengger dari petugas penjaga loket.

Itulah sedikit informasi mengenai Wisata Puncak Bukit Watu Jengger dari saya semoga bermanfaat, sedikit pesan dari saya mari kita jaga bersama lestari alam kita, untuk anak cucu kita, dari suatu hal yang kecil yaitu untuk tidak membuang sampah sembarangan agar alam kita terjaga kelestarianya.

5. Itinerary

Pendakian Puncak watu Jengger Via Desa Nawangan. Basecamp Pos 1 (bukitt mujung B9) 1 jam, dan bukit B9 menuju ke Puncak jengger 30 menit.

Cukup Sekian Cerita perjalanan kami di Puncak watu jengger, semoga Tulisan ini dapat membantu teman-teman yang ingin melakukan pendakian ke bukit jengger

Comments

Popular posts from this blog

5 tips tentang cara menghindari telepon Anda dari Overheating/Kepanasan

Lagi asik bermain sosial media atau pun bermain game, sangat tidak asik jika terganggu dengan handphone anda yang memanas seperti bola setrikaan. Banyak sebab yang menyebabkan handphone kita menjadi sangat panas, terutama saat penggunaan yang lama dan intense. Tapi jangan khawatir ya teman, handphone keren nan anti panas tengah hadir di antara kita. black shark 2 pro digadang gadang menjadi handphone gaming nomer wahid sekarang ya. Eh balik lagi kemasalah overheating / kepanasan tadi. 
Suhu internal ponsel Anda didasarkan pada suhu lingkungannya. Jika ponsel Anda menjadi terlalu panas, itu dapat mengalami masalah seperti pengurasan baterai, pematian paksa, dan bahkan kehancuran total (jangan bercanda, Unit Pemrosesan Pusat ponsel Anda mampu meleleh jika mencapai suhu ekstrem). Ada juga kemungkinan bahwa ponsel Anda tidak akan hidup kembali jika terpaksa dimatikan karena terlalu panas.
Ada banyak alasan mengapa ponsel Anda bisa kepanasan yang tidak terkait dengan suhu tinggi luar, dan…

Nggak Bakal Nyesel Liburan Ke Jogja Ini dia 7 Wisata Kekinian di JogjaYang Seru dan Memanjakan

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang berada di pulau Jawa. Di mana kota ini memiliki kebudayaan yang sangat kental dan sebagian besar penduduk disana memiliki sifat lemah lembut dan sangat ramah. Tak heran jika para wisatawan betah untuk berlama-lama di kota ini. Selain penduduknya yang ramah, masalah kuliner pun juga tak bisa dikalahkan. Olahan makanan disini sangat beragam dan mereka cenderung tidak pelit akan penggunaan bumbu-bumnya. Sehingga menjadikan rasa makanan yang sangat khas dengan cita rasa lain dari pada yang lain.
Keistimewaan Yogyakarta tertuang mulai dari keberagaman budaya, adat, kuliner serta wisata nya. Nah, di samping itu semua disini saya akan memberikan informasi tentang daya tarik wisata di kota Yogyakarta ini, yang mampu membuatmu makin betah tinggal disini. Mari kita simak!
1. Bukit Pengilon
Bukit Pengilon terkenal akan panorama alamnya yang sangat memukau. Wisata ini bisa terbilang baru, meskipun begitu di media sosial sudah banyak para wisatawan yang me…