Skip to main content

Mulai Dari Belfast Castle Sampai Belfast City Hall Surga Kecil di Utara Irlandia

Belfast merupakan bagian dari Britania Raya yang satu pulau dengan Irlandia. Sebenarnya, Belfast merupakan sebuah ibukota dari Northern Ireland atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Irlandia Utara.

Walaupun satu pulau dengan Irlandia, kita pula tak dapat masuk sembarangan ke Irlandia. Visa britania hanya dapat digunakan di Wales, Skotlandia, Inggris dan Irlandia Utara, ketika kita masuk ke Irlandia perlu visa khusus ke Irlandia. Irlandia Utara memang tidak begitu terkenal seperti bagian negara lain di Britania. Namun, surga kecil ini punya beberapa tempat menarik untuk dikunjungi, yuk cek!

1. Belfast Castle

Merupakan komplek kastil yang terletak di lereng Cave Hill Country Park, Belfast. Belfast Castle bisa dikunjungi setiap hari mulai jam 9 pagi hingga 12 malam dan pada hari minggu serta senin buka selama 24 jam waktu setempat. Area kastil dengan ketinggian 120m dan kita dapat melihat pemandangan kota Belfast yang bikin adem. Kastil ini telah dibangun sejak abad ke-12 di area pusat kota Belfast. Pada tahun 1811 dibangun kembali kastil baru di wilayah pinggiran kota Belfast.

Mengapa dibangun kembali? Karena bangunan sebelumnya terbakar, hingga pada tahun 1988, kastil ini dibuka untuk umum. Di sekitar bangunan utama kastil terdapat taman-taman yang dihiasi bunga serta pusat informasi, restoran, dan toko oleh-oleh. Tertarik ke sana? Kalian bisa menempuh perjalanan kurang lebih 17 menit dari ibukota Irlandia Utara.

2. Cave Hill

Bukit yang tidak jauh dari pusat kota dan kalian bisa berkunjung setelah melihat Belfast Castle lho !

Merupakan bukit yang tersusun dari batu-batuan basalt dan memiliki ketinggian 370 meter dari permukaan laut. Area bukit ini terdapat beberapa gua, dan di bagian puncak bukit terdapat sebuah benteng batu yang disebut McArt’s Fort. Jadi kalian juga bisa melihat kota Belfast yang luas!

3. Belfast Botanica Gardens

Taman publik dan kebun yang terletak di Stranmilis Road, wilayah selatan Belfast ini mempunyai luas 11 hektar! Wow luas banget!

Pertama kali dibangun pada tahun 1828 sebagai taman privat dengan nama Royal Belfast Botanical Gardens dan tahun 1895, taman ini dibuka untuk publik. Ada 2 rumah kaca di taman ini yaitu: Palm House dan Tropical Ravine House. Ada beberapa spesies bunga yang menarik di sini, seperti bunga lily setinggi 11 meter, bunga pink-ball yang berbunga setiap bulan Februari, dan tumbuhan Xantorrnea yang berusia 400 tahun. Hanya 12 menit saja kok dari kota Belfast, tempat ini nggak kalah dengan taman-taman eropa lainnya!

Tempat wisata ini dapat dikunjungi 07.30-17.30 waktu setempat.

4. Ulster Museum

Setelah berjalan-jalan melihat yang adem-adem dan keindahan ibukota Irlandia utara, saatnya berkunjung ke masa lampau !

Yup, Ulster Museum jawabannya! Masih berada di daerah yang sama dengan Belfast Botanica Gardens, museum ini merupakan museum yang terbesar di Irlandia Utara dan merupakan bagian dari National Museums Northern Ireland. Pertama kali dibuka pada tahun 1929 dengan nama Belfast Natural History Society dan dipindahkan mulai tahun 1929. Baru pada tahun 1962, nama museum diganti menjadi Ulster Museum. Koleksi yang dipamerkan cukup beragam, mulai dari karya seni hingga sejarah. Buka setiap hari kecuali hari Senin, mulai jam 10 pagi hingga 5 sore.

5. Belfast City Hall

Buka pukul 08.30-17.00 dan pada sabtu-minggu 10.00-16.00 waktu setempat, Belfast City Hall patut dikunjungi sebelum meninggalkan negara yang masih satu pulau dengan Irlandia ini.

Gedung balai kota yang terletak di Donegal Square, Belfast, dan tempat Dewan Kota Belfast pula berkantor di sini. Mengusung arsitektur Baroque Revival, Belfast City Hall pertama kali dibangun pada tahun 1898 dan resmi dibuka pada tahun 1906. Luas Keseluruhan komplek gedung dan halaman ini sekitar 0,6 hektar.

Sudut gedung terbagi sejumlah 4 bagian dan masing-masing tempat terdapat menara setinggi 53 meter dan di bagian tengah gedung terdapat sebuah kubah. Kalau kalian telat berkunjung di Belfast City Hall karena sudah tutup, kamu masih bisa jalan-jalan ke Belfast Wheel dan Victoria Square Shopping Centre yang tidak jauh dari gedung.

Comments

Popular posts from this blog

5 tips tentang cara menghindari telepon Anda dari Overheating/Kepanasan

Lagi asik bermain sosial media atau pun bermain game, sangat tidak asik jika terganggu dengan handphone anda yang memanas seperti bola setrikaan. Banyak sebab yang menyebabkan handphone kita menjadi sangat panas, terutama saat penggunaan yang lama dan intense. Tapi jangan khawatir ya teman, handphone keren nan anti panas tengah hadir di antara kita. black shark 2 pro digadang gadang menjadi handphone gaming nomer wahid sekarang ya. Eh balik lagi kemasalah overheating / kepanasan tadi. 
Suhu internal ponsel Anda didasarkan pada suhu lingkungannya. Jika ponsel Anda menjadi terlalu panas, itu dapat mengalami masalah seperti pengurasan baterai, pematian paksa, dan bahkan kehancuran total (jangan bercanda, Unit Pemrosesan Pusat ponsel Anda mampu meleleh jika mencapai suhu ekstrem). Ada juga kemungkinan bahwa ponsel Anda tidak akan hidup kembali jika terpaksa dimatikan karena terlalu panas.
Ada banyak alasan mengapa ponsel Anda bisa kepanasan yang tidak terkait dengan suhu tinggi luar, dan…

Surga Bagi Pendaki Pemula Ini dia Puncak Watu Jengger

Telah kita ketahui bahwa Indonesia memang rajanya panorama yang sangat indah, dari ujung timur sampai ujung barat indonesia memiliki segudang pegunungan indah dengan beraneka macam spot yang menakjubkan, pendaki gunung banyak yang mengexplore lebih dalam tentangan kekayaan alam.

Banyaknya pegunungan di Indonesia menjadikan tempat yang cocok untuk para pendaki untuk menikmati lukisan nyata tuhan, berada di ketinggian di atas gunung menghirup udara segar dan menyentuh lembutnya awan.

Salah satu pegunungan yang diminati para pendaki yaitu puncak Bukit Watu Jengger yang terletak di Desa Nawangan kec. Jatirejo, Kab. Mojokerto. Tinggi puncak Bukit Watu Jengger 1100 meter di atas permukaan laut, sangat cocok untuk pendaki pemula sekedar untuk menikmati susana keindahan alam.

1. Perjalanan Menuju Desa Nawangan

Untuk bisa sampai ke puncak bukit watu jengger perjalananya mudah – mudah gampang, jalan terjal menuju lokasi akan menyapa kita di awal perjalanan menuju lokasi. Kisah kami, tiga lelaki yan…

Nggak Bakal Nyesel Liburan Ke Jogja Ini dia 7 Wisata Kekinian di JogjaYang Seru dan Memanjakan

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang berada di pulau Jawa. Di mana kota ini memiliki kebudayaan yang sangat kental dan sebagian besar penduduk disana memiliki sifat lemah lembut dan sangat ramah. Tak heran jika para wisatawan betah untuk berlama-lama di kota ini. Selain penduduknya yang ramah, masalah kuliner pun juga tak bisa dikalahkan. Olahan makanan disini sangat beragam dan mereka cenderung tidak pelit akan penggunaan bumbu-bumnya. Sehingga menjadikan rasa makanan yang sangat khas dengan cita rasa lain dari pada yang lain.
Keistimewaan Yogyakarta tertuang mulai dari keberagaman budaya, adat, kuliner serta wisata nya. Nah, di samping itu semua disini saya akan memberikan informasi tentang daya tarik wisata di kota Yogyakarta ini, yang mampu membuatmu makin betah tinggal disini. Mari kita simak!
1. Bukit Pengilon
Bukit Pengilon terkenal akan panorama alamnya yang sangat memukau. Wisata ini bisa terbilang baru, meskipun begitu di media sosial sudah banyak para wisatawan yang me…