1000 HPK menentukan nasib anak? kok bisa?

1000 HPK itu apa sih ?
Istilah 1000 HPK sebenarnya mulai diperkenalkan sejak 2010 gan, tepatnya ketika mulai dicanangkan Gerakan Scalling-up Nutrition di tingkat global. Sebuah upaya memberi perhatian khusus kepada ibu hamil sampai anak usia 2 tahun, terutama dari segi kebutuhan pangan, kesehatan, dan gizinya.

1000 HPK sering juga disebut sebagai periode emas masa tumbuh kembang yang dimulai dari terbentuknya janin dalam kandungan sampai dengan anak berusia 2 tahun. Nah, pada periode ini otak dan tubuh bayi lagi berkembang pesat-pesatnya nih gan, makanya kalau kejadian masalah gizi dan nggak dipenuhi asupan nutrisinya ngaruh keperkembanganotak dan tubuh bayi.

Kenapa 1000 HPK Ngaruh ke Kualitas Manusia?
Pada periode emas ini ibu hamil kudu berjuang keras menjaga asupan nutrisinya agar pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan janinnya optimal. Gagal tumbuh pada periode 1000 hari pertama kehidupan bakal mengakibatkan gangguan pertumbuhan fisik, seperti resiko stunting.

Ingat baik-baik gan, berat badan bayi saat dilahirkan itu normalnya nggak kurang dari 2500 gram, dan panjang badan bayi nggak kurang dari 48 cm. Inilah alasan kenapa setiap bayi yang baru lahir biasanya bakalan ditimbang berat dan diukur panjang tubuhnya, Agan Sista dulu pas baru lahir ditimbang atau diukur nggak? emoticon-Cool

Gimana Caranya Memenuhi Asupan Gizi di 1000 HPK?
Cara yang ditempuh untuk optimalisasi pada 1000 HPK, bisa dilakukan beberapa hal berikut :

1. Ibu Hamil Wajib Rajin Konsumsi Tablet Penambah Darah

Anemia yang diderita ibu hamil bisa berakibat mengalami gangguan asupan gizi sehingga janin yang dikandungnya pun jadi kekurangan gizi yang beresiko melahirkan bayi stunting. Makanya nih gan, ketika masa hamil penting untuk mengkonsumsi tablet tambah darah secara rutin. Soalnya, TTD ini kan memang kaya akan zat besi dan asam folat sehingga bisa mencegah anemia pada ibu hamil.

2. Gaya Hidup Bersih & Sehat

Sista perlu ingat nih dan agan-agan juga kudu catat baik-baik agar nanti bisa ngingetin pasangannya emoticon-Big Grin. Banyak hal yang bisa dilakuin untuk menjalani cara hidup bersih dan sehat, contohnya dengan imunisasi lengkap ketika bayi sampai balita demi daya tahan tubuh yang kuat emoticon-2 Jempol. Lalu, hal yang paling gampang adalah selalu membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah melakukan suatu aktivitas atau sebelum melakukan aktivitas (utamanya sebelum makan yah, Gan.. emoticon-Big Grin).
Takdir di Tangan Tuhan, Tapi Kualitas Manusia Ditentukan pada 1000 HPK

3. Lakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Ini bisa dilakukan pada 1 jam kehidupan pertamanya setelah dilahirkan ke dunia, bayi wajib mendapatkan kesempatan untuk melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Cara memberikan IMD adalah dengan meletakkan bayi baru lahir pada dada atau perut sang ibu GanSis, agar nantinya bayi akan secara alami bisa mencari sendiri sumber air susu ibu (ASI) dan kemudian menyusu.

4. ASI Eksklusif

Salah satu usaha yang bisa ditempuh berikutnya adalah dengan memberikan ASI ekskulif kepada bayi sejak lahir sampai berumur 6 bulan. Nah, buat agan-agan juga penting agar selalu mendukung istri tercinta agan-agan sekalian agar memberikan ASI secara eksklusif. Kenapa kok harus ASI Eksklusif? Soalnya gini nih gan, kandungan faktor protektif dan nutrien yang ada di ASI bisa menjamin status gizi bayi menjadi baik, plus ASI pun juga bisa melindungi bayi dari penyakit infeksi. Kolostrum punya kelebihan karena kandungannya memiliki zat kekebalan 10-17 kali ketimbang susu matang.

5. Lanjutkan ASI Sampai 2 Tahun

Meskipun pemberian ASI Eksklusif sudah dilakukan tapi nggak berhenti disitu aja lhoo.., berikutnya agar tetap melanjutkan menyusui ASI sampai anak berusia 2 tahun. Sekedar info tambahan nih gan, kalau pada fase ini buah hati akan mengenal makanan pendamping air susu ibu (MPASI).

Jadi guys, sebagai Orang tua maupun calon orang tua bagi anak-anak kita nanti, mari terus dukung program pemerintah 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK).

Karena denganmeningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil pada periode emas, maka diharapkan akan didapatkannya generasi penerus yang lebih produktif sehingga bisa memajukan kualitas generasi muda yang akan berdampak pada peningkatan SDM Negara kita nih guys..

Comments